Sunday, March 20, 2011

Manfaat Proxy Server bagi Warnet

Sebagian orang pasti sudah tahu apa fungsi dari proxy server, cara kerja dan bagaimana memasang proxy server dalam sebuah jaringan warnet atau kantor.

Tulisan singkat ini sebenarnya lebih tepatnya catatan singkat saja akan membahas masalah proxy server dari sisi fungsi, cara kerja dan cara membangunnya dan tidak membahas detail bagaimana setting menyetting nya.

Proxy server atau cache server atau tembolok server atau apalagi ya adalah sebuah mesin yang didalamnya menjalankan program yang mampu untuk menyimpan sebagian data yang diakses oleh komputer dalam sebuah jaringan seperti warnet atau pc di kantor.

Dengan adanya proxy ini maka halaman web atau file file yang sering dibukan oleh client atau komputer komputer dalam sebuah jaringan warnet / kantor / kampus akan bisa di akses dengan lebih cepat lagi oleh komputer komputer berikutnya pada jaringan yang sama.

Dengan kata lain, proxy server akan menyimpang beberapa halaman atau file yang sering di buka client, dan client berikutnya akan menerima manfaatnya dengan mendapatkan akses lebih cepat, loading lebih cepat ke halaman atau file tersebut karena halaman atau file yang seharusnya berada di internet, kini berada di jaringan lokal kita yaitu di sebuah mesin proxy, duh ribet ya penjelasannnya hehehe.

Cara kerja nya yaitu jika ada komputer, katakanlah komputer A mengakses situs abcd.com dimana di situs tersebut terdapat gambar misalnya logo.jpg, nah gambar yang di loading oleh browser komputer A tadi akan di simpan di proxy server, dan jika nanti ada misal komputer B membuka situs abcd.com lagi, maka gambar logo.jpg tadi tidak perlu di ambil di situs abcd.com secara langsung dimana posisi situs tersebut di internet, tapi cukup mengambil secara otomatis dari proxy server, nah dengan mengambil file gambar tersebut dari komputer proxy server tadi setidaknya akan terjadi penghematan bandwidth. besarnya penghematan tergantung dari seberapa sering atau seberapa besar file yang di akses tadi. misal besar file nya 100 kb makan akan terjadi penghematan sebesar 100 kb, jika dalam jumlah besar kan lumayan menhemat, biasanya kalau proxy servernya sudah banyak berisi cahce atau file2 yang ada di internet, besarnya penghematan ini juga semakin besar.

Manfaat bagi proxy server bagi warnet/kantor/kampus dimana memiliki jaringan komputer yang besar adalah penghematan bandwidth, sebagai contoh dalam sebuah jaringan komputer warnet, misalnya ada 20 pc dimana tiap hari pc tadi membuka game point blank, dimana game tersebut biasanya akan meminta update secara berkala, kalau selama ini sebanyak 20 pc tadi akan update secara berkala ke internet, maka dengan proxy server tadi, jumlah pc yang update ke internet secara langsung akan turun drastis misalnya hanya 1 – 3 komputer saja sedang komputer lain sudah memanfaatkan update yang tercache secara otomatis di proxy server tadi.

Dengan begitu cukup besar penghematan yang bisa di lakukan jika menggunakan proxy server tadi. Biasanya file file yang sering di akses dan lumayan memakan bandwidth itu adalah file update antivirus, update game, gambar, video dengan berbagai nama dan ekstensinya.

Cara membagun atau bikin nya secara konsep adalah dengan menyediakan sebuah komputer khusus yang biasanya di install OS linux spt distro ubuntu atau fedora atau disto lainnya dimana untuk masalah distro ini tergantung kesukaan pemilik atau teknisinya.

Ada juga proxy server yang berjalan di OS windows dan kadang sebagian orang untuk warnet diinstall di PC biling warnet

Ada yang menggabungkan atau memadukan proxy server dengan mikrotik Router OS tapi ada juga yang tidak, untuk sekarang paling banyak orang memadukan dengan mikrotik Router board.

Untuk yang menggunakan pc biling sekaligus proxy server biasanya komputer bilingnya menjadi gateway local jaringan tersebut, uturannya jika menggunakan Speedy sbb:

internet—modem—–PCbiling/Proxy—Hub—-pc warnet/kantor/lab

dimana pc biling dan proxy berada di pc yang sama dan biasanya menggunakan os windows dengan program proxy yang berjalan di windows.

Kelemahan sistem ini biasanya kalo pc biling restart maka semua client warnet tidak bisa buka internet atau beberapa jenis biling client tidak bisa login sama sekali, jadi kalo pc biling restart biling client akan tertutup dan akses internet putus, repotnya model ini kalau misal nya pc biling mau install ulang atau mau restart, otomatis semua client putus koneksi ke internet

Ada juga yang membuat proxy seperti ini :

Internet–modem—Proxy/gateway lokal—-hub—-client warnet/biling warnet

Nah model seperti diatas biasanya proxy menggunakan OS linux dan pc biling, model spt ini lebih bagus lagi dimana nantinya performa proxy nya lebih baik dari model pertama tadi, cuma kelemahannya kalau pc proxy nya rusak atau error maka koneksi internet di client putus

Model berikutnya sbb :

*internet—modem—-mikrotik/router—-HUb—-pcbiling/pc client**

*** ********************* | **********************

*********************Proxy server***************

nah model spt ini lebih bagus dimana proxy menggunakan linux biasanya, dan pada model spt ini enaknya kalau misal nya proxy ada gangguan atau error atau perlu install ulang maka koneksi bisa tetap berjalan dengan menon aktifkan forward ke proxy di mikrotik router. model ini saat ini paling sering di buat orang untuk warnet

mungkin sekian dulu tulisan mengenai proxy ini, mudah mudahan berguna
MAJULAH ENTREPRENEUR MUDA INDONESIA

No comments:

Post a Comment

FACEBOOK

Anniversary 1 year.

Anniversary 1 year.

Anniversary 2 year.

Anniversary 2 year.

ANTI CHEATERS

ANTI CHEATERS

Popular Posts